Kematian

Jam 1.58.
"Dek, seorang ke Kemuning 2 ya bawa alat TNSR."

TNSR adalah singkatan dari tensi, nadi, suhu, dan respirasi. TNSR adalah cara untuk mengukur vital sign seseorang. Tanda vital adalah suatu tanda yang bersifat objektif yang dapat berubah setiap saat.

5 menit kemudian gue sampe di bangsal Kemuning.
"Pasiennya kritis, Dek. Jaga-jaga aja di sini ya." kata seorang residen menuju senior.

Gue baca di lembar visit. Pasiennya seorang anak laki-laki, berusia 4 tahun. Diagnosisnya tumor jaringan lunak suspek malignan, Rhabdomyosarcoma. Ketika gue dateng, sang pasien sudah dipasang alat pacu jantung (?) dan lagi dilakukan RJP oleh residen junior.

15 menit kemudian, RJP dihentikan dan pasien dinyatakan meninggal........

That moment, melihat manusia meninggal untuk yang kedua kalinya. Rasanya tuh, begitu......menyakitkan. Melihat gimana keluarganya kehilangan. Terlebih ini anak kecil. Harapan kedua orang tuanya ketika mereka besar nanti.

Beberapa detik setelah pasien dinyatakan meninggal, ayahnya langsung mencium kening anaknya itu. Ibunya masih tetap menangis semenjak gue sampe di ruangan, bahkan semakin kencang.


Ketika gue diperjalanan pulang ke poli Bedah Mulut, gue bertemu dengan temen anak FK yang sebelumnya bertemu di bangsal Kana, berceritalah gue karena masih shock, "Kang, masa barusan pasiennya meninggal...."

"Lo baru pertama liat pasien meninggal, ya? Mangat Nis, umur manusia gak ada yang tau."

Emang ya, kematian tuh datangnya gak pernah pilih-pilih, baik umur maupun jenis kelamin. Kematian lo telah tertuliskan di lauh mahfudz jauh sebelum roh lo dititipkan ke jasad lo.

Seketika merasa bersyukur, Allah udah memberi lo kesempatan buat hidup selama 23 tahun. Apa sih yang sudah lo lakukan selama rentang waktu itu? Bekal apa yang sudah lo siapkan untuk menghadapi kematian? Lo siap gak kalo besok atau siang ini tiba-tiba nyawa lo diminta kembali oleh pemilik lo?

Duh, PR banget yak :")


Allahummagfirlahu warhamhu waafihi wa'fu 'anhu. Khusnul khotimah ya, Dek, bimbing ayah bundamu ke syurga kelak :")

RSHS, 14 November 17
-White Rose-

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah