Kuliah di Kedokteran Gigi Itu.....

Kuliah di Kedokteran Gigi Itu.....

Besok, eh hari ini gue akan ujian radiologi kedokteran gigi. Mata kuliah dimana semua terlihat hitam putih. Namanya juga radiologi, ilmu yang berhubungan dengan penerapan teknologi pencitraan kayak xray atau radiasi, tujuannya buat membantu mendiagnosa penyakit. Lalu gue malah asyik nulis HA, gapapa, I call it refreshing. Im writing to heal myself from stress.

Menurut gue yang tidak bisa dibilang ambis ini, gue punya gambaran buat temen-temen yang mau kuliah di kedokteran gigi.

1. Kuliah di Kedokteran Gigi itu Lama

Apalagi di Unpad Agustus ini adalah tahun ke 7 gue kuliah di kedokteran gigi. Tiga tahun yang lalu, alhamdulillah gue diberikan amanah oleh Allah untuk mengemban sebuah gelar tambahan di belakang nama gue. Yang mana artinya tugas gue pun harusnya bertambah, yaitu menjadi seorang koas dokter gigi. Koas FKG itu based on requirement. Yang mana kalo requirement lo belom kelar, yaa lo belom bisa ujian departemen, apalagi ujian akhir. Hayooo Nisrina, amanah koas ini harus diselesaikan dengan baik, sebelum lo memulai amanah lainnya :) Jadi untuk teman-teman dan keluarga saya yang non FKG tolong ya tolong jangan paksa saya untuk segera lulus, yaa gue kan juga usaha. Dan stop asking me buat lulus. Cape akutuuu. Kalo aku stress dan depresi, lo mau tanggung jawab? Anda juga tidak membantu kelulusan saya. Jadi buat apa saya peduli dengan Anda? #emosi

2. Kuliah di Kedokteran Gigi itu Sulit

Sulit, sungguh sulit sekali kuliah di kedokteran gigi itu. Sulitnya kenapa? Karena kami mencari pasien sendiri. Alhamdulillah sesungguhnya berkat relasi dan gue gatau darimana alhamdulillah, pasien selalu ada. Mungkin gue kurang bersyukur terhadap pasien yang ada. Ya Allah semoga Nisrina tidak dzolim :")

Selain itu juga karena pekerjaan gue tergantung dari dosen atau residen jaga, yang mana terkadang tidak stand by dan sulit acc karena kerjaan gue buruk, atau kudu diresponsi dulu karena gue gak ada otaknya. Atau kursi yang sulit. Lampu dental chairnya kagak nyala, high speed kagak nyala.

3. Kuliah Koas di Kedokteran Gigi itu Kerja yang tidak Menghasilkan Uang

Seriusan, temen-temen gue yang gak kuliah di FKG rata-rata sudah bekerja dan berduit. Yaa gue udah bekerja sih...tapi gak menghasilkan duit wk. Gue masih bayaran kuliah. Gue masih menafkahi pasien. Gue masih minta uang bulanan ke nyokap. Akhirnya demi menambah uang jajan gue, demi gue bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang mengasah softskill gue kayak ikut organisasi yang mana butuh uang tambahan juga buat bayar ini itu, nongkrong sama temen buat bikin event dan sebagainya akhirnya gue mencari tambahan uang dengan menjadi asisten dokter gigi. Kadang gue membantu penelitian dosen tapi ini harus mengorbankan jadwal koas sih karena penelitian dosen kudu pagi. Alhamdulillah lumayan bisa nambah nambah rezeki buat jajanin temen lagi atau sedekah atau ikut SPN, atau elite circle.

4. Kuliah di Kedokteran Gigi itu Kudu Sabar, Sabar, dan Sabar

Gue kira gue doang yang merasa capeeeee banget, tapi ternyata temen-temen gue pun sering ngeluh-ngeluh cape ahay. Makanya kenapa gue ikut FIM, yaa karena FIM ajang refreshing gue. Gile, refreshing aja ngerjain proyek ya. Keren amat gue.

Sekian curhatan dari saya malam ini. Mohon doanya ya netijen untuk ujian radiologi saya besok. Eh hari ini. Wassalam.


Bandung, 15 Agustus 2019
-nisrinaqotrun-

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah