Pelabuhan Muara Teweh

Sebenarnya kemarin sudah gue spill sedikit mengenai Pelabuhan Muara Teweh. Pelabuhan ini berada di Kabupaten Barito Utara, Kecamatan Muara Teweh, Kalimantan Tengah, Indonesia.

Kalau yang ada dipikiran kamu pelabuhan itu seperti Pelabuhan Merak yang banyak kapal feri besar, banyak kendaraan roda empat atau roda dua yang mengantri masuk. Kamu harus mengubah pola pikirmu. Pelabuhan ini berisi perahu-perahu kecil yang berisikan sekitar 20-30 penumpang.

Ada beragam jenis moda transportasi air di Kalimantan yang gue pernah naiki sampai saat ini, berikut urutannya mulai dari yang paling besar:

1. Kapal feri versi lite
Kapal feri ini memuat satu mobil, mulai dari mobil pribadi sampai truk sedang juga bisa. Biaya sekali jalan kisaran 500.000 rupiah untuk jarak tempuh satu jam dari Beras Belange sampai Laung Tuhup. Tapi di Pelabuhan Muara Teweh ini tidak ada feri ini.

2. Speedboat
Nah, ini dia perahu kecil yang gue pakai untuk pulang ke Maruwei. Perahu motor ini bisa berisi 20-30 orang dalam sekali jalan. Bahkan kemarin barang bawaan karyawan perusahaan yang baru pulang cuti lebaran sampai 3 tas besar masih muat. Bagusnya di Pelabuhan Muara Teweh ini, sudah terdapar tarif resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat dan dipajang di loket. Untuk biaya transportasi gue dari Muara Teweh sampai Beras Belange, yaitu 180.000 rupiah. Semakin dekat jaraknya semakin murah, hanya beda sekitar 20.000 rupiah saja. Tapi tetap saja terkadang masih terdapat pungutan liar dari oknum pengemudinya jika barang bawaan kita sedang banyak. Butuh waktu 3 jam untuk mencapai Beras Belange dengan menggunakan speedboat ini.

3. Klotok atau Taksi Motor
Nah ini versi lite dari speedboat. Waktu tempuhnya hampir 2x lipat, kalau speedboat bisa ditempuh dalam waktu 3 jam (sudah termasuk istirahat di rumah makan selama 30 menit dan mengantar ke desa-desa tertentu). Taksi motor ini harganya juga lebih murah dua kali lipat, yaitu 90.000 dari Muara Teweh sampai Beras Belange. Di taksi motor lebih nyaman, karena kita duduk di bawah, kaki kita bisa selonjoran dan lebih santai, untuk yang bawa barang bawaan lebih banyak dan besar juga lebih nyaman pakai taksi motor karena lebih luas. Minusnya yaa karena lebih besar, jadi lebih lama sampainya.

4. Cis.
Cis ini versi sangat lite dari segala moda transportasi di Kalimantan. Cis ini dilengkapi dengan mesin juga. Paling banyak berisikan 4-5 orang sudah termasuk Amang supir cis. Kalau klotok lama, cis ini lebiih lama dua kali lipat daripada klotok.


Gue ingin menyantumkan gambar tapi apa daya sinyalnya gak kuat mengunggah gambar. Di postingan selanjut-selanjutnya jika ada sinyal yang bagus, ingin kuunggah gambarnya yaa. Supaya lebih terbayang.

Hari esok gue akan menuliskan daerah bernama Beras Belange. Mulai dari Beras Belange dimana, sungai yang dilewati dari Muara Teweh sampai Beras Belange, kondisi jalanan Belange, alternatif lain jika tidak lewat air. Sampai jumpa!

Muara Maruwei 1, 14 Mei 2023
-nisrinaqotrun-
#30DWC #30DWCJilid42 #Day5

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah