Nikmati Setiap Prosesnya!

 

Sumber gambar dari Pinterest.

Hari ini aku penuh sekali dengan agenda mengerjakan dokumen akreditasi. Akreditasi Puskesmas sangat menyita waktuku beberapa hari ini. Aku mendapatkan tanggung jawab sebagai ketua mutu puskesmas beserta ketua upaya kesehatan perseorangan. Keduanya membuatku sangat tertekan. Menjadi penanggung jawab mutu saja membuatku tertekan, apalagi ditambah menjadi penanggung jawab pelayanan.

Hal yang membuat aku tertekan adalah karena ekspektasiku terhadap hasil yang tinggi, sedangkan usahaku merasa belum maksimal. Aku ini baru pertama kali bekerja di Puskesmas, ya saat aku menginjakkan kaki di Kalimantan ini. Sebelumnya aku belum memiliki pengalaman sama sekali bekerja di Puskesmas manapun. Ternyata, beginilah rasanya bekerja di sektor pemerintahan. Dahulu, aku ingin sekali bekerja di sektor pemerintaha dengan jabatan struktural. Karena aku tidak mau praktik. Namun, ternyata setelah menjalani kehidupan praktik di klinik swasta maupun klinik yang bergabung dengan asuransi BPJS, bertemu dengan pasien setiap hari lebih menyenangkan ya!

Ya, karena aku tidak harus membawa pulang pekerjaan rumah yang menumpuk dan begitu banyak. Tugas aku selesai saat itu juga di klinik. Kecuali jika aku menerima pasien gigi tiruan, prosesnya lama dan panjang. Ada pekerjaan rumah juga, yaitu mengirimkan cetakan positif gigi ke tekniker gigi. Selain mengerjakan gigi tiruan, tidak ada hal yang harus aku kerjakan di rumah ketika malam aku pulang praktik. Aku hanya perlu beristirahat, menonton drama korea, lalu mengerjakan tugas rumah tangga seperti menyapu, mengepel, mencuci dan menyetrika.

Beda sekali rasanya ketika bekerja di sektor pemerintahan. Rasanya terlalu banyak drama dalam hidup ini. Tugas yang harus dikerjakan di rumah begitu menumpuk. Aku sampai kewalahan mengatasinya. Tapi, ada satu hal yang selalu aku ingat, nikmati setiap prosesnya, Nisrina!

Aku senang dan bangga ketika aku harus belajar dari nol mengenai mutu puskesmas. Aku juga senang mempelajari jenis-jenis pelayanan di puskesmas dan segala detailnya. Ternyata, hal inilah yang dari dulu aku semogakan. Sekarang saat aku menjalani prosesnya, hal yang harus kulakukan adalah menyenangi setiap detail prosesnya. Dinikmati saja, karena setiap proses yang aku lewati ini membuat aku menjadi seseorang yang lebih baik, lebih berguna, dan lebih berwawasan.

Semoga setiap pekerjaan yang sedang aku lakukan menjadi berkah bagi warga puskesmas dan penduduk yang berada di wilayah kerja Puskesmas Batu Bua ini. Selama aku masih bernapas, selama aku bisa mengambil peran lebih banyak, aku akan mengambil peran sebanyak mungkin dan menjalankannya dengan sebaik mungkin. Tentu saja diiringi dengan hati yang ikhlas. Bismillah. Biidznillah.


Muara Maruwei 1, 20 Mei 2023

-nisrinaqotrun-

#30DWC #30DWCJilid42 #Day10


Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah