Nusantara Sehat: Teknis Rekrutmen Bagian 1

Hari ini aku akan membahas teknis rekrutmen Nusantara Sehat. Tahapan dari rekrutmen Nusantara Sehat terdiri dari beberapa tahapan, antara lain seleksi berkas, psikotes, Leaderless Group Disscussion atau LGD, dan terakhir interview atau wawancara.

Nah, di sini aku akan membahas tahapannya satu persatu.


Tahap pertama, yaitu seleksi berkas. 
Seperti yang sudah pernah aku bahas pada tulisan sebelumnya, ada beberapa berkas yang harus disiapkan dan dilengkapi, yaitu ijazah, transkrip nilai, kartu bpjs, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan surat tanda registrasi. Untuk ijazah dan transkrip nilai, aku menggunakan ijazah dan transkrip nilai terakhir, yaitu saat profesi. Alasannya karena IPK-nya tinggi hahahahahahaha, bercanda. Ya, karena saat ini pekerjaanku membutuhkan gelar dokter gigi, bukan hanya seorang sarjana kedokteran gigi. 

Semua berkas tersebut di foto atau di scan satu persatu, lalu di simpan dalam bentuk PDF, di beri nama drngan format: jenis berkas_nama lengkapmu. Untuk yang terakhir ini, saranku saja supaya rapi.

Tahap kedua, psikotes.
Adakah teman-teman yang belum pernah melakukan psikotes? Selamat. Jika belum pernah, maka saran aku yaitu harus belajar terlebih dahulu. Kenapa? Ada beberapa soal yang membutuhkan tes kemampuan berpikir menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk-bentuk tertentu. Soal tersebut yang membuat bingung jika tidak mengetahui trik mengerjakannya. Di internet tersebar luas contoh soal psikotes. Aku juga belajar dari soal-soal yang tersebar di internet. Selain soal bentuk, ada soal pertanyaan yang harus diisikan berdasarkan kepribadianmu. Seingatku, total tes psikotes untuk seleksi Nusantara Sehat terdapat enam jenis soal yang berbeda yang harus di selesaikan. Setiap jenis soalnya ini memiliki waktu tertentu dalam menyelesaikannya. Terdapat puluhan bahkan ratusan anak soal di dalam setiap jenis soal yang berbeda tersebut.

Saran aku lagi, tes psikotes ini akan memakan waktu seharian, jadi cutilah dari pekerjaanmu. Jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu, siapkan makan siang dari pagi, siapkan cemilan dan minuman. Jujur saja, tes psikotes ini adalah tes yang sangat memakan waktu. Terakhir, kosongkan pikiranmu, agar bisa berpikir dengan jernih.

Hari ini dua tahap dulu yah! Di tulisan selanjutnya akan aku lanjutkan lagi, sisa dua tahapannya.

Sampai jumpa!

Muara Maruwei 1, 23 Mei 2023
-nisrinaqotrun-
#30DWC #30DWCJilid42 #Day12

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah