Perjalanan Menuju Maruwei Bagian 2: Maskapai Citilink

Tulisan di bawah ini merupakan tulisan lanjutan hari kemarin, mengenai pemilihan maskapai pesawat terbang, rute mana yang gue pilih, dan harga tiket pesawat.

Cerita kemarin berakhir pada estimasi tarif jalan tol dari Pasar Rebo sampai Bandara Soekarno Hatta. Hari ini akan dilanjutkan mulai dari Bandara Soekarno Hatta.

Gue menaiki pesawat udara dengan maskapai Citilink. Kali ini tujuannya bukan menuju Palangkaraya seperti awal gue berangkat menuju penempatan, gue naik pesawat menuju Banjarmasin. Walaupun sebenarnya letak bandaranya bukan di Banjarmasin, melainkan di Banjarbaru.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan gue turun pesawat di Banjarmasin antara lain:
  1. Kota Banjarmasin lebih maju daripada Palangkaraya. Ada mall besar yang di dalamnya ada Uniqlo dan ada bioskop XXI 🤣🙏🏼 
  2. Jalan raya dari Banjarmasin lebih bagus, ya walaupun tetap masih ada jembatan yang terkena longsor.
  3. Banyaknya pilihan maskapai pesawat terbang dari dan menuju Banjarmasin tarif yang lebih murah, serta pilihan jam terbang yang lebih banyak.

Karena pertimbangan nomor 3 ini, gue bisa memilih salah satu dari beberapa maskapai udara yang tersedia, antara lain Citilink, Garuda Indonesia, Batik Air, serta Lion Air.
Alasan gue memilih Citilink karena waktu tiba di Banjarmasin pulul 14.40, sehingga gue ga perlu menunggu terlalu lama sampai dijemput travel (padahal tetap nunggu lama juga karena dijemputnya pukul 19.00).

Pilihan waktu berangkat dari Bandara Soekarno Hatta juga beragam. Ada penerbangan paling pagi, pukul 06.40. Ada juga penerbangan paling malam, pukul 19.00. Pagi sampai sore juga ada. Jadi memang cukup beragam dan hampir setiap dua jam ada penerbangan, tergantung kebutuhan kita.

Harga tiket pesawat tuslah mulai dari 1.200k sampai 1.900k. Tergantung pilihan maskapai. Ketika pulang menuju Jakarta gue naik Garuda seharga 1.900k dengan tarif diskon (jadi 1.600k), sedangkan saat berangkat ke Banjarmasin kemarin gue naik Citilink dengan tarif 1.600k. Untuk Lion Air berada di range 1.200k - 1.600k tergantung pilihan waktunya. Untuk Batik Air berada di range 1.400k - 1.600k, mirip dengan Citilink. Kalau waktunya tepat, mungkin gue akan memilih terbang menggunakan Batik Air. Sayang waktunya gak tepat, seperti cinta kita. Hasek.

Gue memilih maskapai pesawat dengan pertimbangan matang-matang dan dengan kondisi ekonomi pasca lebaran. Pintarlah kamu mencari promo di aplikasi tiket, apalagi pas lebaran kemarin. Wow.. Daebak.

Besok gue masih ada bercerita mengenai penerbangan, seperti waktu tempuh Jakarta-Banjarmasin, jarak tempuh, perbedaan zona waktu, serta benefit apa yang di dapatkan dari masing-masing maskapai.

Muara Maruwei 1, 11 Mei 2023
-nisrinaqotrun-

#30DWC #30DWCJilid42 #Day1

Comments

Jirfani said…
Seru, nih, ceritanya.

Jadi ingat sama pengalaman pertama kali mendarat di Banjarbaru.
Lanjutin lagi ceritanya, Dok!
😁

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah