Dari WIB ke WITA

Hari ini gue mau menceritakan mengenai waktu tempuh Jakarta-Banjarmasin, jarak tempuh, perbedaan zona waktu, serta benefit apa yang di dapatkan dari masing-masing maskapai.

Perbedaan waktu antara Jakarta dan Banjarmasin yaitu satu jam. Jakarta dengan WIB-nya, Banjarmasin dengan WITA. Ya, betul. Jakarta berada di bagian barat Indonesia, sedangkan Banjarmasin termasuk wilayah Indonesia bagian Tengah. Banjarmasin satu jam lebih cepat daripada Jakarta. Jika di Jakarta pukul 07.00 WIB, maka di Banjarmasin pukul 08.00 WITA.

Penerbangan dengan maskapai apapun dari Jakarta menuju Banjarmasin rata-rata ditempuh dalam waktu 1 jam 45 menit. Dari take off sampai landing. Begitupula penerbangan dari Banjarmasin ke Jakarta.

Hal yang menurut gue lucu adalah ketika gue terbang dari Banjarmasin ke Jakarta. Waktu tempuh perjalanan pesawat 1 jam 45 menit, sedangkan perbedaan waktunya satu jam. Waktu tempuhnya terasa hanya satu jam.

Pakai contoh supaya lebih paham. Karena ketika gue membaca tiket gue bingung, tapi ketika merasakannya….lebih bingung lagi šŸ¤£
Contohnya, gue berangkat dari Banjarmasin pukul 13.30, sampai di Jakarta pukul 14.15. Loh kok hanya 45 menit? Setelah gue baca baik-baik terdapat tulisan: “waktu setempat”.

Oh. Oke. Jadi maksudnya seperti apa yaa?
Berangkat dari Banjarmasin 13.30 WITA, ingatt Banjarmasin satu jam lebih cepat daripada Jakarta, jadi waktu di Jakarta adalah pukul 12.30 WIB. Lalu ditambah waktu terbang selama 1 jam 45 menit dalam waktu WIB. Jadi 14.15 WIB, bukan?

Jam pada telepon genggam memang diatur langsung berubah menyesuaikan wilayah, sedangkan jam tangan tidak. Saat itu gue merasa jetlag. Maklum saja, karena ketika dewasa ini memang gue belum pernah ke luar kota yang beda zona waktu ✌️

Lalu gue berpikir, bagaimana jika gue pergi ke luar negeri? Untuk melanjutkan sekolah atau course di negera sebarang. Korea contohnya, amin. Perbedaan zona waktu pasti akan terasa sangat nyata. Tapi apapun yang akan dihadapi ke depannya. InshaAllah akan bisa dilewati jika Allah mengizinkan.

Muara Maruwei, 12 Mei 2023
-nisrinaqotrun-
#30DWC #30DWCJilid42 #Day3

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah