Nusantara Sehat : Apa Saja yang Dikerjakan?

Hai! Tulisan hari ini akan membahas mengenai apa saja yang dikerjakan oleh para peserta Penugasan Khusus Nusantara Sehat di lokasi penempatan masing-masing.


Gue mau mengingatkan kembali, tenaga kesehatan yang dapat menjadi peserta Penugasan Khusus Nusantara Sehat, yaitu dokter, dokter gigi, analis kesehatan, perawat, bidan, kesehatan masyarakat, dan apoteker. Masing-masing tenaga kesehatan yang gue sebutkan di atas memiliki tugasnya masing-masing. Tugas yang paling penting adalah melakukan pelayanan dalam gedung kepada pasien sesuai dengan profesinya masing-masing.

Namun, disamping melakukan pelayanan di dalam gedung, terdapat pula pelayanan di luar gedung. Biasanya disebut dengan UKM, upaya kesehatan masyarakat. Sedangkan pelayanan dalam gedung disebut UKP, upaya kesehatan perorangan. Karena pelayanannya memang ditujukan kepada individu.

Contoh kegiatan UKM antara lain, posyandu, pelayanan ante natal care (ANC), penyuluhan kader posyandu dan posbindu, atau penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Sedangkan untuk pelayanan UKP dan penunjang, antara lain berupa pelayanan poli KIA/KB, poli umum, poli gigi dan mulut, laboratorium, dan farmasi.

Penugasan Khusus Nusantara Sehat di tempatkan di Puskesmas yang tujuh jenis tenaga kesehatannya belum memenuhi persyaratan. Makanya peserta Penugasan Khusus Nusantara Sehat harusnya berbangga hati karena memang secara khusus ditugaskan oleh Kementrian Kesehatan. Mereka yang terpilih dan diberangkatkan ke lokasi penempatan, telah menang bersaing dengan ribuan calon peserta lainnya. Banggalah kalian karena diseleksi langsung oleh Kementrian Kesehatan langsung.

Tugas Puskesmas itu banyak, ambillah peran sebanyak mungkin yang bisa kamu lakukan sebagai Nusantara Sehat. Jadilah agen perubahan di Puskesmas dimanapun kamu di tugaskan.

Semangat!


Muara Maruwei 1, 27 Mei 2023
-nisrinaqotrun-
#30DWC #30DWCJilid42 #Day17

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah