Nusantara Sehat : Pilih Lokus, Terpencil atau Sangat Terpencil?

Sesuai dengan judul yang gue berikan, pilih lokus yang terpencil atau sangat terpencil? Namun sebelumnya gue harus menjelaskan mengenai apa itu lokus. Lokus adalah lokasi penempatan yang dibutuhkan oleh Puskesmas pada saat rekrutmen. Terdapat dua kriteria, yaitu terpencil dan sangat terpencil. Apakah bedanya?

Sebenarnya gue kurang mengerti perbedaan kriteria sangat terpencil dan terpencil secara jelas, karena memang dari pihak Kementrian Kesehatan tidak memberikan informasi yang jelas selain perbedaan pada insentif tenaga kesehatan. Namun, dari beberapa hal yang sudah gue pelajari dan pahami, untuk kriteria sangat terpencil memiliki tidak memiliki akses listrik, air bersih, dan sinyal internet yang memadai. Ditambah jarak tempuh dari kota terdekat menuju desa yang memerlukan waktu lebih dari tiga jam perjalanan. Contohnya penempatan gue ini harusnya masuk ke kriteria sangat terpencil, karena tidak ada listrik, air bersih, serta sinyal yang memadai. Sedangkan untuk kriteria terpencil hanya jaraknya saja yang jauh dari kota kabupaten terdekat, namun masih memiliki satu dari ketiga akses tersebut yang lebih baik.

Kembali lagi ke pertanyaan, pilih lokus terpencil atau sangat terpencil? Pertanyaan ini berhubungan dengan besaran insentif perindividu. Gue akan merangkum beberapa pertimbangan jika ingin memilih lokus sangat terpencil.

1. Insentif Wilayah Sangat Terpencil Lebih Besar
Peserta Penugasan Khusus Nusantara Sehat yang memilih lokasi penempatan sangat terpencil, tentu saja akan mendapatkan insentif yang lebih besar daripada yang memilih lokasi penempatan terpencil. Pertimbangan lebih besar insentifnya karena kebutuhan transportasi menuju desa dengan kriteria sangat terpencil cukup mahal dan sulitnya akses kendaraan umum menuju desa. Jika kamu ingin menabung dan ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Maka aku menyarankan untuk memilih lokasi sangat terpencil.

2. Suasana Desa yang Hening dan Sunyi
Jika kamu adalah anak introvert yang tidak membutuhkan healing di pusat perbelanjaan, senang menikmati hidup di pedesaan dan ingin menghindari hiruk pikuk perkotaan. Maka gue menyarankan untuk memilih lokasi sangat terpencil. Karena memikirkan biaya untuk pergi ke kota saja sudah membuat sakit kepala. Belum lagi gaya hidup dan di kota yang berbeda dengan di desa.

3. Hidup tanpa Akses Internet, Air Bersih, dan Listrik yang Memadai
Terakhir, seperti yang sudah gue jelaskan di atas. Jika kamu siap untuk hidup dengan keterbatasan akses internet, air bersih, dan listrik. Atau jika kamu ingin mencoba hidup lebih menantang dengan segala keterbatasan yang sudah gue sebutkan. Maka silakan pilih kriteria sangat terpencil. Dua tahun tidak akan terasa lama, kan?

Untuk kriteria terpencil, kebalikan dari ketiga alasan di atas.

Selamat merenung dan mencoba!

Muara Maruwei, 25 Mei 2023
-nisrinaqotrun-
#30DWC #30DWCJilid42 #Day15

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah