Nusantara Sehat: Tim atau Individu?

Saat ini namanya sudah berubah, Penugasan Khusus Nusantara Sehat. Program ini merupakan program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KemenKes RI) yang sudah berjalan sejak tahun 2017. Penugasan Khusus Nusantara Sehat ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang masih terbatas di daerah terpencil maupun sangat terpencil. Sebuah program yang sangat inovatif, bukan?

Terdapat dua pilihan formasi, tim atau individu. Dahulu sering disebut Nusantara Sehat Tim atau NST dan Nusantara Sehat Individu atau NSI. Untuk ke depannya gue akan menyebutkan singkatannya saja ya.

Baik NST atau NSI sama saja keuntungannya, yang membedakannya hanya pada pendidikan dan latihan (diklat) sebelum keberangkatan. Untuk NST, diklat ditempuh selama tiga bulan. Sedangkan untuk NSI diklat ditempuh selama sebulan saja.

Lantas, apakah yang membedakannya? Mengapa pendidikan NST lebih lama daripada NSI?
Jika NST merupakan gabungan dari tujuh jenis profesi kesehatan, yaitu dokter, dokter gigi, apoteker, analis kesehatan, bidan, perawat, dan…. Maka NSI adalah tenaga kesehatan individu yang terdiri dari satu jenis profesi.

Penempatan tenaga kesehatan NST lebih dari satu orang dalam satu Puskesmas. Pastinya beragam jenis profesi kesehatan yang dikirimkan. Pelajaran yang didapatkan juga lebih banyak karena NST membawa program untuk diterapkan di Puskesmas tertentu. Sedangkan tenaga kesehatan NSI, bisa dikirimkan oleh KemenKes satu jenis profesi saja. Contohnya yaa gue ini.

Jika lo adalah seseorang yang tidak dapat bekerja seorang diri, maka gue menyarankan untuk memilih NST. Namun jika lo adalah seseorang yang individualis, maka lo bisa memilih NSI.

Menurut gue, NST mendapatkan keuntungan lebih banyak, yaitu mendapatkan relasi yang lebih banyak. Tidak seorang diri menjadi perantau di pelosok Indonesia. Jika terdapat kesenjangan antara pegawai Puskesmas lainnya dapat bercerita dengan sesama NST. Namun, hal ini menjadikan NST lebih eksklusif jika NST tidak mau bersosialisasi dengan pegawai Puskesmas lainnya.

Baik NST atau NSI, keduanya kembali lagi pada rekrutmen terbuka Penugasan Khusus Nusantara Sehat, yang dibutuhkan NST atau NSI? Rekrutmen tersebut dikembalikan berdasarkan kebutuhan dari Puskesmas yang mengajukan kebutuhan tenaga kesehatan dari pusat. Makanya mengapa gue mendaftar NSI, ya karena saat itu periode rekrutmen terbukanya untuk NSI, sedangkan periode sebelumnya untuk NST.

Dahulu, NSI ini hanya dibuka untuk seorang purna NST. Purna adalah seseorang yang telah menyelesaikan masa bakti sebagai seorang NS selama dua tahun. Namun, semakin berkembangnya perubahan zaman, maka NSI diperbolehkan untuk siapa saja, terutama dokter dan dokter gigi.

Komentar gue menjadi seorang NSI adalah, gue senang dan bangga menjadi seorang NSI. Seleksi menjadi seorang NS itu sulit. Makanya ketika seseorang diterima NS, alangkah baiknya jika dia menyelesaikan tugas sampai akhir. Semangat berjuang! Masih ada sembilan belas bulan lagi sampai purna tugas NSI. Bismillah, semoga selalu diberikan kelancaran.

Muara Maruwei 1, 18 Mei 2023
-nisrinaqotrun-
#30DWC #30DWCJilid42 #Day8

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah