Nusantara Sehat: Siapkan Mentalmu!

Hari ini gue mau menceritakan mengenai kesiapan mental sebelum berangkat Nusantara Sehat. Menurut gue kesehatan mental adalah salah satu hal yang harus matang dalam persiapan menuju penempatan. Bahasan hari ini sedikit melenceng ya karena gue sedang membutuhkan asupan semangat dalam menghadapi tekanan mental Akreditasi Puskesmas.


Yang paling utama adalah, para peserta pasti tidak pernah mengetahui bagaimana lokasi dan struktur bangunan Puskesmas, kecuali mereka merupakan warga asli daerah tersebut atau mempunyai saudara yang tinggal di daerah tersebut. Gue sempat kaget dan menangis karena lokasi Puskesmas Batu Bua yang terletak di wilayah terpencil. Sebenarnya bukan karena lokasi terpencil, tapi peran terbesar yang membuat mental gue drop adalah karena keterbatasan akses internet, akses listrik, serta akses air bersih. Maka dari itu, penting sekali untuk kamu yang akan mendaftar Penugasan Khusus Nusantara Sehat ini untuk survei atau mengetahui kabupaten yang akan kamu pilih. Kalau perlu dibuatkan rincian mendetail Puskesmas mana saja yang termasuk ke dalam kabupaten tersebut, serta pemetaan jenis profesi yang sesuai dengan profesi kamu yang belum ada di Puskesmas yang berada di wilayah yang akan dipilih. Menurut gue cukup menyusahkan dan ribet di awal, namun sebanding dengan hasilnya. Ingat, kamu akan tinggal di wilayah tersebut selama dua tahun ke depan. Jadi, pastikan kamu mengetahui dan memahami daerah tersebut.

Apakah gue kemarin survei?
Iya. Gue survei, namun hanya sebatas mengetahui daerah Murung Raya ada dimana. Gue tidak survei mendetail seperti saran gue di atas. Satu lagi, jangan sampai terkecoh dengan lokasi wisata! Gue kemarin sempat terkecoh dengan lokasi wisata, gue memilih Murung Raya karena terdapat curug di daerah Puruk Cahu, ternyata lokasi wisatanya jauh dari Puskesmas penempatan gue. Sedih.

Hal kedua yang menjadi titik untuk menguji kesiapan mentalmu, coba jawab pertanyaan setelah ini dalam hati.
Apakah kamu menyukai kegiatan bakti sosial?
Apakah memang karena ingin mendapatkan insentif besar atau memang menyukai kegiatan pengabdian?
Apakah karena insentif besar atau karena ingin mencari pengalaman?

Karena ketika mental kamu lagi jatuh ketika berada di lokasi penempatan karena kondisi lingkungan yang tidak begitu baik, kamu harus mengingat kembali apa tujuan awal kamu mendaftar bahkan sampai berangkat ke lokasi penempatan.

Jadi, sudah siapkah mentalmu ketika mendaftar?
Muara Maruwei 1, 22 Mei 2023
-nisrinaqotrun-
#30DWC #30DWCJilid42 #Day11

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah