Bunda

                Bun, you are the big reason i wanna meet when i went to home. Kadang kalo udah di rumah rasanya gamau balik ke Nangor, pengennya bantuin Bunda di rumah buat nyetrika pakaian yg belum disetrika seminggu, ato bantuin nyuapin Dechan, ato bantuin ngerjain kerjaan sekolah Bunda yang seabrek banyaknya.

               Bun, you are my inspirator and im a proud daughter of you! Gils, nyokap gue ngajar dari senin sampe jumat jam 7 pagi sampe 3 sore. Setiap hari Bunda tidur jam 12 dan bangun jam 3 pagi. Tahajjud, solat subuh, nyiapin sarapan. Senin sampe Jumat berangkat dari Depok jam 5 sampe rumah jam 4/5 sore. Abis Isya biasanya Bunda nyuci sambil ngaso istirahat. Setelah itu baru mulai belajar tentang materi yang akan di sampaikan di depan kelas besok harinya. Iya, nyokap gue selalu belajar tiap malem karena nyokap gue adalah seorang guru SMP di salah satu daerah di pinggiran timur Jakarta. Begitulah siklus harian nyokap gue setiap hari. Sabtu Minggu? Hahaha gaada kata libur buat Bunda. Weekend buat Bunda dihabiskan untuk beberes rumah, entah itu menyapu, mengepel, menyuci mobil, dan pekerjaan rumah lainnya yang gak sempet diselesaikan ketika weekdays. Nyokap gue itu hanya berhenti bekerja ketika doi sakit.

               Bun, maafkan anak pertamamu ini yg masih belum bisa mandiri dan terkadang masih egois. Kaka masih terus belajar untuk menjadi dewasa. Maafkan juga anak lelaki satu-satumu yang suka bikin ngelus dada. Maafkan kalo tiba-tiba Bunda di telepon jam 10 malem sama kesiswaan sekolah Nofal, katanya ekstrakulikuler yang dipimpin Nofal gak izin mengadakan suatu kegiatan sedangkan Nofalnya sendiri susah dihubungi. Maafkan juga jika anak bungsumu teramat cengeng, mudah menangis jika diledek.
              
               Bunda itu bisa menyeimbangkan antara keluarga, pekerjaan, dan agamanya. Saluuuut bangeeeet! Bunda pernah bilang kalo bunda gamau punya pembantu dan lebih baik meredam karirnya, karena tanpa pembantu dan dengan menjadi guru biasa bunda bisa mengurus anak-anaknya dengan tangan bunda sendiri.
              
               Bun, Bunda lelah gak sih jadi seorang ibu? Ditambah sekarang pun Bunda sudah menjadi seorang ayah. Bun, kakak udah pernah bilang kan, kalo Bunda punya masalah, bagi aja masalahnya sama kakak, siapa tau bisa dibantu menemukan solusinya.

               Bun, kalo ada penghargaan the most inspiring woman, kakak bakalan vote Bunda! Ngalahin Benazir Butho, sang perdana menteri perempuan pertama Pakistan. Bunda ngalahin R.A. Kartini, pejuang emansipasi wanita. Bunda juga ngalahin Mother Theresa, peraih Nobel Perdamaian. Kenapa? Walaupun Bunda bukan perdana menteri, tapi Bunda juga menjadi seorang kepala keluarga. Bunda juga bekerja seorang diri di keluarga ini, selain itu Bunda juga bisa banget menenangkan hati anak-anaknya kalo lagi sedih, tanpa memikirkan perasaan Bunda sendiri.
               Yaa, walau keliatannya keren, tapi tetep aja yang namanya manusia pasti punya salah dan dosa, begitu juga Bunda gue. Tapi gue (inshaAllah) akan selalu mendoakan biar Allah mengampuni segala kesalahan Bunda. Bun, jangan ninggalin kakak duluan yaa. Bun, semoga Allah bisa mempertemukan kita kembali di Syurga-Nya. Amiiin.


P.S. I love you, Bun.

Jatinangor, 22 Desember 2015
-White Rose-


Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah