Selamat Separuh Abad, Bun!

Selamat Separuh Abad, Bun!



"Dek, ih ayok lama bener dah lu balik ke rumahnya."
"Lu ngapa pergi malem-malem dah, Kak."
"Itu Dechan udah tidur."

After drama panjang kali lebar, di lima menit hari berikutnya. Akhirnya.... Selamat separuh abad, Bunda! You always be our superhero, Mom! We always love you.

----------
Caption Instagram


Hampir 25 tahun saya mengenal Bunda saya, saya baru sangat menyadari bahwa Bunda adalah sosok perempuan tangguh, tegas, penyayang, super rapi dan berjiwa muda.
.
Saya senang ketika Bunda saya cerita mengenai masa mudanya. "Bunda dulu pas Menwa ke Medan naik kapal laut, ketemu begal di Lampung, trus disuruh jagain ibu hamil di truk TNI."
.
Cerita bagaimana Bunda sangat bangga terhadap Ayah. "Ayah tuh dulu Danlap, Kak. Upacara se-Indonesia. Keren, kan? Trus Bunda Danpasnya." Lalu saya hanya bisa tersenyum.
.
Bunda yang masih menghormati Ayah, walaupun Ayah sudah tiada. "Walaupun udah meninggal, Ayah masih menafkahi kalian, Kak. Selama ini, tunjangan Ayah yang diambil." *PNS can relate
.
Cerita mengenai cita-citanya yang selangit, "Bunda tuh pengen Kak jadi ini itu, Bunda pengen jadi ini yang bersih. Tapi Bunda juga masih punya PR mengantarkan anak-anak Bunda sukses dunia akhirat." "10 tahun lagi Bunda pensiun, Bunda bisnis apa ya.."
.
Atau sekedar berkeluh kesah setiap pulang kerja (jika saya sedang di rumah), "Kak, tolong pijetin sekalian kerokin, kepala Bunda pusing banget."
.
Bunda yang jarang melewatkan Dhuha dan Tahajjudnya untuk mendoakan keluarga kami.
.
Setiap saya cerita mengenai cita-cita dan keinginan saya, Bunda tidak langsung berkata iya atau tidak, namun Beliau akan memberikan penjelasan panjang nan logis yang  berusaha saya cerna sebaik mungkin. Sampai akhirnya, sayalah yang harus memutuskan sendiri. Terkadang butuh proses sampai akhirnya kami berada di jalan yang sama.
.
Akhirul kata, Selamat sudah menjalani kehidupan ini selama separuh abad, Bunda! Ucapan terimakasih dan balas budi Kak Ninis means nothing jika dibandingkan dengan kasih sayang yang udah Bunda berikan selama ini.
.
You are super, Mom!
.


Bdg, 4/9/19
-with love, your lovely children

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah