Tentang Mengatur Emosi


Yap, pas banget fotonya Jin Hyung pas lagi emosi karena member yang lain gamau bantuin dia menyelesaikan misi foto bersama hahahahaha.

Sebenernya gue bingung kenapa judulnya tentang mengatur emosi, jadi paling mau cerita aja kali ya. Setelah melewati hectic day seminggu ke belakang ini, gue akhirnya sedikit bisa bernapas legaaaa dan istirahat dulu buat nonton RUN BTS. You did great, Nisrina! Hari ini fangirling dulu, wk.

Walaupun deadline GTSL, Orto, Konser, di depan mata, aku mau istirahat doloooo. Semalem udah benerin akriliknya kok, hari ini tinggal dibenerin dikit-dikit lagi aja (edit: ngetik tulisan di atas kemarin pagi, tapi dilanjut malem dan ternyata susah banget ga masuk-masuk plat akriliknya ke model, hiks, malem ini mau dicoba lagi sampe masuk dan gak keungkit.)

Keep progress, kalo kata Abay.👌🏼

Nah hari ini mau bernapas dahulu setelah beberapa hari ke belakang baru bisa bobo jam 6/7 pagi (tapi bangun jam 11 wk kecuali pas ada kelas jam 8, ga tidur samsek karena ku worried to much, akhirnya baru tidur jam 4 sore selesai kelas sampe maghrib, malemnya belajar lagi). Belajar diskusi, bikin ppt presentasi. Udah dijelasinlah ya di postingan sebelumnya.

Setelah digempur 2 kali diskusi prosto sambil dimarahin. Eh, maaf dok, gak dimarahin sebenernya, dokternya baik bangettt, gue hanya diberi nasihat yang membangun. Gue sampe nangis pas dokternya lagi ngasih nasihat di zoom, karena emang beneran sesetress itu guys. Padahal gue udah belajar semaleman tapi masih aja gabisa jawab, gabisa ngejelasin.

Setelah diskusi Pedo dan dikatakan dosen, "Ini kalo kamu OSCE jawabnya kayak gini, nilai kamu nol." Dalam sehari dibolak balikin mentalnya sama dua dosen.

Waktu diskusi orto typodont pertama kali dinasihatin, "Makanya belajar kalau mau diskusi."

Me dalam hati: 'Gapapa, emang salah kamu kan Nis, mungkin kamu belajarnya gak maksimal.' 'Mungkin kamu belom paham, kamu belum bisa lulus dari ujian ini. Masih harus remedial.'

Gue beneran stress kalo one day when the UKMPDG datang, I cant answer the question. Gabisa menerangkan saat OSCE karena belajarnya dadakan. Gabisa jawab pertanyaan saat ujian CBT. Dan yang paling penting adalah tanggung jawab lo sebagai seorang dokter gigi pas mau nanganin pasien tapi minim ilmu. Wagela sih ini tanggung jawab dunia akhirat..

Sekarang juga bukan malu gak bisa jawab di depan orang banyak, di depan temen seangkatan, di depan dosen, atau di depan ade kelas, tapi lebih ke malu terhadap diri sendiri karena gabisa ngasih yang terbaik buat diri sendiri. Padahal sesungguhnya I can do better than this. Malu dikit juga kadang sebenernya hahaha.

Akhir-akhir ini juga karena super capeeee pikiran dan perasaan, jadi apa-apa kebawa perasaan. Ya, kaya pas lagi diskusi kemarin, masa tiba-tiba gue nangis 😭😭😭 atau pas abis solat mau berdoa tiba-tiba nangis karena gabisa jawab pas diskusi prosto pertama. Waktu mau ujian OSCE Perio dua bulan lalu juga nangis takut remed OSCE. Ah pokoknya udah gak keitung di dua bulan terakhir ini berapa kali gue nangis karena koas wkwkwkwk. Barusan juga nangis, karena denger lagunya Jin Hyung hee.

Udah gak bisa didefinisikan roller coasternya perasaan ini karena dihantam sana sini. Dalam seminggu ini udah bolak balik diberi nasihat banyaaaaak banget sampe mental gue kebangun. Dulu gue kalo dimarahin dinasihatin bapernya bisa seminggu lebih. Gue ga berani ketemu dosen tersebut berhari-hari. Tapi sekarang, sumpah deh, yaudahlah bismillah aja. Nangis. Tidur. Bangun. Bikin to do list. Dihadapin lagi kenyataannya. Semoga dosennya dilapangkan hatinya sama Allah. Dan diri gue juga diberi kekuatan supaya lebih rajin lagi dalam belajar dan dimudahkan dalam memahami pelajaran. Di evaluasi aja sih, dosen marah kan juga karena kitanya yang batu disuruh belajar tapi belajarnya dikit doang.

Gue jadi inget beberapa minggu lalu ada ade kelas nanya ke gue tetang Analisis Sefalometri Steiner Orto. Ceritanya gue udah kasih semua bahan belajar diskusi orto gue ke dia. Lalu dia masih nanya pertanyaan yang ada di catatan itu. Mungkin karena gue lagi cape pikiran, akhirnya gue marahin.....

tapi abis itu gue sadar diri........ Pantesan gue sering dimarahin dosen, gue emang ga maksimal aja belajarnyaaaaa. Namanya juga mahasiswa, waktunya salah. Waktunya belajar yang banyak. Setiap feedback yang datang, dicerna baik-baik. Bagus apa engga feedbacknya, kalo bagus diterapin, kalo engga ya hempaskan.

Akhirnya ku dah minta maaf guys. 
Clear, salah gue juga udah ngegas duluan, padahal kan emang dia yang belum paham. Gue udah nerima ilmu duluan dari dia, harusnya gue transfer ilmu dengan sukarela ke dia. Supaya ilmu gue semakin bertambah. Ah. Maafkan aku adik kelas.

Ah iya, hari ini bias akoh ulang tahun ke 30 dalam usia Korea, dan umur internasional 29. Happy birthday, Jin Hyung!
Hari ini self reward setelah seminggu kemarin digempur otak dan batinnya.
Hari minggu boro-boro nonton yg ada belajar buat diskusi GTL.

Hari ini dijadwal aturan ngerjain Orto dan GTSL, namun ku super lelah. Akhirnya istirahat aja dengan fangirling 😅

Selain nonton Run BTS, gue juga nonton Vlive-nya Jin Hyung birthday tahun lalu.

((((gila, ngeblur aja ganteng banget cuy))))

Lalu ku curhat ke Hani, ah adem banget hyung 💜
*mon maap jangan salah fokus sama isi chatnya ngomongin kegantengan Seokjin 🤣

Translate lagu Abyss? Iya jadi Abyss adalah lagu yang di upload Jin Hyung di hari ulang tahunnya ke 29/30 ini. How he feeling about depressed.

You can listen here (nanti kalo buka blog di laptop gue masukin youtubenya ke sini).


Jadi kalo diartiin, Abyss itu artinya adalah 
Thanks to Bibi yang udah cari translatean artinya.

Jin Hyung lalu membuat pers rilis tentang Abyss di sini.

I ever felt like Jin Hyung. Gue merasa bahwa diri gue bener-bener gak pantes mendapatkan apa yang udah gue dapatkan saat itu, sebut saja menjadi suatu ketua organisasi. Masih ada orang lain yang lebih pantes dari gue tapi kenapa harus gue? Ditambah gue super pesimis bisa lulus koas, gelap banget, gak ada harapan buat menyelesaikan koas, apalagi pas pandemi dimulai. Hidup gue semakin gelap. Bener-bener mau menghilang aja dari semua orang. Udah give up terhadap hidup. No one knew this, eh apa ada yang pernah gue ceritain ya? Lupa. And I opened it here today. Sayang aja gue bukan Jin Hyung yang berada di bawah naungan Big Hit Entertaiment, jadi langsung disodorin psikolog dan langsung solved problemnya 😔 Setelah 6 bulan baru dapet Psikolog. Psikolog gue pernah nanya, "Dulu kalo lagi pusing banget Teh Ninis ngapain?" "Solat, tidur, nulis, bikin to do list." "Ya, lakukan aja kalo itu terjadi lagi." Oke.

Tydac usah disesali, yang lalu biarlah berlalu. Mari kita hadapi yang ada di depan mata. Sekarang ku sudah berdamai, lebih bodo amat dan banyak menolak, serta lebih banyak apresiasi ke diri sendiri dan jadi diri sendiri versi terbaik.

Sekian cerita ngalor ngidul kemarin dan hari ini.


Depok, 4 Desember 2020
Salam menangis, untuk mental yang lebih kuat.
-nisrinaqotrun-

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah