Pola Lilin Pasak Inti

     Alhamdulillah, wa syukurilah. Setelah melewati 3 bulan mulai dari indikasi, cetak, diskusi, dan preparasi, akhirnya gue dapat menyelesaikan pola lilin pasak inti. Gak ngerti lagi, rasanya pengen nangisssss. 3 bulan cuy cuma sampe pola lilin pasak inti. Gue mulai 1 minggu lebih dulu daripada Diana, dan Diana sekarang udah kelar. Gapapa. Everybody has their own timeline. Tapi, bukan berarti gue gak bisa mengejar timeline orang lain, kan? Yuk, Nis, segera selesaikan pasakmu.



Pasak.

Salah satu requirement yang bikin gue hampir nangis dua kali. Pertama saat pola lilin gue udah fix, tapi goyang. Ini udah di penghujung shift pula. Gue kesel. Gue cabutlah si lilinnya dari si kawatnya. Sia-sia satu shift gue. Kedua saat tadi sore pekerjaan gue di acc oleh drg.Seto. Rasanya tuuuuuh, pengen bersyukur banget sama Allah. Terima kasih yaAllah telah mendengar doa Ninis tadi siang. Udah pasrah banget kalo hari ini ga di acc. Gagal sudah rencanaku menyelesaikan pasak sebelum OS.


Pasak.

Kata orang pasak lebih sulit daripada requirement prostho yang lain. Let see. Setelah melewati tahapan pekerjaan preparasi dan pola lilin pasak inti juga, katanya semua terasa lebih mudah.

     Bagi gue sendiri, pasak itu sebenarnya mudah. Gue yang membuatnya menjadi ribet. Bayangkan aja, jarak pekerjaan gue dari diskusi sampe acc preparasi saluran akar, masa 1 bulan lebih 11 hari? Lama banget. Padahal seinget gue, xantigen gue cuma nyoba sekali dan alhamdulillah hasilnya kata beberapa temen gue, bagus. Saat acc dengan drg.Vita, Beliau hanya sekali lihat, bahkan preparasi gue gak dilihat…………

     Jadi apa yang membuat tahapan pekerjaan lo lama, Nis? Lo ragu. Lo gak percaya dengan diri lo sendiri. Gue adalah tipe orang yang learning by doing. Tahapan pekerjaan preparasi gue adalah hasil tanya Fira, Diana, Syahirah, Muthi, dan beberapa orang yang sudah mengerjakan perpasakan.

     Saat gue ingin acc, gue tanya Fira, kata Fira A. Gue gak yakin. Gue benerin dulu. Pengen acc lagi, gue tanya Syahirah. Katanya Syahirah B. Gue gak yakin. Gue benerin dulu. Alhasil tertunda, dan terus tertunda. Sampai akhirnya, gue gak butuh kata-kata mereka dan yakin dengan hasil pekerjaan gue. Dan alhamdulillah, hasilnya kata orang, bagus. One shoot pula. Alhamdulillah, ga boleh puas diri.


     Pola lilin pasak inti. Tercipleu. Heu. Jarak pekerjaannya satu bulan juga. Apa-apaan nih. Mau kelar kapan, Nisrina, kalo setiap tahapan selesainya satu bulan? Mana bulan depan masuk stase RSHS pulak…….

     Pertemuan pertama dan kedua masih bodoh. Bodoh banget. Masih berpikir bahwa pola lilin pasak itu, yaa pasak, saluran akarnya aja.

     Pola lilin itu ada 2, pasak dan inti. Jadi kalau mau acc pola lilin, acc-kanlah keduanya. Hue kesel. Pertama kali mencoba acc ke drg. Seto, dan di acc. Tapi ternyata itu pola lilin pasak. Pola lilin intinya belom. Masih membulat besaaaar sekali. Bahkan belum di karving sama sekali. Memalukan sekali Nisrina. “Coba kamu belajar lagi tentang pola lilin inti.” katanya.

     Bukannya belajar sungguh-sungguh, Nisrina justru belajar seadanya. Alhasil, ketika kedua kalinya mencoba acc pola lilin inti, diteriakin oleh drg.Vita di ruang PPDGS. Memalukaan! “Kamu baru boleh acc kalo sudah tau syarat-syarat pola lilin inti!” kata Beliau. Bahkan pasien gue sampe ketakutan wkwk. Oke, jadi kasusnya hampir mirip dengan drg.Seto, bedanya adalah yang ini sudah gue karving dikit, namun jaraknya kurang.

      Pertemuan selanjutnya, gak mencoba samsek ke dokter manapun. Karving sana sini. Sudah haqqul yaqin, inshaAllah di acc. Eh, waktu yang tak memungkinkan. Bye. Gue rendam di air selama seminggu. Eh tanpa gue sadari, airnya sudah hilang separuhnya. Hopeless. Ketika tadi siang pas dicobain ke mulut pasien gue, kawatnya muter. Rasanya ingin menangis dan mengamuk. Tapi kudu sabar. Cobain trus ditusuk-tusuk ke dalam saluran akar gigi 12 pasien gue. Sekali. Oke, bagus. Masukin lagi ah, biar rapi. Panasin sedikit. Ujungnya patah. Oke coba lagi, ujungnya patah di dalam. Coba lagi. Gagal lagi, kawatnya muter, ujungnya gak kena. YaAllah, hamba kesal sekaliiii. Rasanya pengen menyerah saja.

     Akhirnya, gue putuskan untuk membuat pola lilin baru dari inlay baru. Baru mulai jam setengah 3. Keburu gak ya.. Shalawatin aja kali yaa. Sambil konsentrasi mengukir, menusuk-nusuk saluran akar, sambil shalawat dan membatin juga. YaAllah hamba ingin acc hari ini. Set set. Bismillah. Yok, one shoot.


     Mencari drg.Seto. Alhamdulillah, ternyata Beliau mudah ditemukan di integrase E. “Restorasinya apa?” tanyanya.
     “Seat, Dok.” kata gue.
     “Itumah sandarannya. Restorasinya.” dengan pesona dinginnya Beliau bertanya.

     “Oh, PFM, Dok.” jawab gue mencoba gak kalah dingin.

     Setelah itu dia meminta pasien gue menutup mulut, mengecek bagian palatal, mengecek dengan gigi kontra lateralnya, mengecek inklinasinya, mengecek dengan gigi sebelah. Wah pokoknya semua bagian di cek. Udah aja, Beliau gak berbicara sama sekali tuh selama mengecek seluruh bagian. Sampai akhirnya Beliau angkat bicara…..

     “Ini sudah oke. Cuma bagian distalnya terlalu cembung, inklinasinya juga miring. Nanti ketika kamu membuat mahkota di bagian labio-mesialnya cembung. Dikurangin aja.”


     “Baik, dok.” jawab gue dengan sedih. Hiks. Gak di acc, ya?

     “Mana rubriknya, saya tanda tangan.” Beliau ngambil rubrik sendiri, kemudian tanda tangan.

     Gue? Gue masih cengo, sambil megang pola lilin gue. HAH? DI ACC NIH?

     Pasien gue tersenyum penuh kemenangan, “Akhirnya ya, Teeeh.”

     Gue masih menuruti perintah dokternya, mengurangi kecembungan dan bagian mesialnya dikurangi, agar tidak cembung nantinya.

     Alhamdulillah. Akhirnyaaaa. Sampai pasien gue berkata, “Alhamdulillah, ini pulang tercepat aku, Teh.” Dan gue baru mengetahui, selama ini pasien gue sering meng-qadha solat maghribnya, karena perjalanan Bandung-Nangor….. YaAllah, ampuni hamba yang membuat makhluk-Mu ini menjadi lalai terhadap-Mu.

     Yuk, semangat, Nisrina. Perjalanan pasak masih panjang~ jangan cepat puas diri. Semoga ke depannya selalu dilancarkan.


P.S. Gue baru menyadari bahwa Dhuha dan Al-Kahfi membuat pekerjaan gue hari ini berjalan begitu lancar.



Bandung, 20 Oktober 2017
-Whiter Rose-

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah