Just a Random Thought


“Bagaimana jika seorang lelaki soleh datang kepada orang tua kita, namun di hati kita masih menyimpan perasaan terhadap laki-laki lain yang bahkan belum sempat kita utarakan?”
     Pertanyaan yang acap kali gue dengar ketika membicarakan perihal kisah cinta dengan beberapa teman yang berada dalam satu lingkaran. Pertanyaan yang selalu berusaha gue cari jawabannya kepada manusia, tapi gak pernah menemukan jawabannya. Pertanyaan yang akhirnya saat ini bisa gue jawab setelah mengubah sudut pandang gue.


     In my humble opinion, ada beberapa hal yang perlu seorang perempuan lakukan sebelum akhirnya lo memutuskan untuk lanjut ke tahapan berikutnya.

    Hal pertama yang harus disadari adalah, pahami bahwa laki-laki yang datang kepadamu memang serius ingin menikah. Kalo cuma bilang, “Gue pengen serius sama lo.” Ah bhay aja itumah. Beda jika kasusnya laki-laki itu beneran datang ke rumah dan meminta langsung kepada orang tua kita. Ini baru harus dipertimbangkan dan pikirkan baik-baik.

     Kedua, istikhoroh. WAJIBUN ALAIKUNNA. Gak deng, hukum solat istikhoroh itu sunnah kok. Cerita aja semua masalah lo sama Allah sehabis solat. Minta petunjuk. Cerita sama manusia tuh gak akan pernah kelar. Istikhoroh tuh selain memilih dua pilihan, bisa juga sebagai pemantap pilihan. Selalu minta sama Allah agar hati kita gak diberikan rasa kecewa jika pada akhirnya orang yang kita harapkan bukanlah jawaban dari segalanya.

    Ketiga, pasrahkan hati kita pada pilihan Allah. Buat lo yang masih bingung, “Gimana cara kita pasrah kepada Allah?” Yakinlah bahwa apa-apa yang telah Allah takdirkan itu yang terbaik bagi kita.

     Keempat, sabar dan terus berkhusnudzon sama Allah. Ini nih yang paliiiiing sulit. Terkadang kita kurang sabar dalam menunggu sebuah jawaban. Ketika kita mendapatkan hasil yang berbeda dengan keinginan kita, kita berpikir bahwa, “Oh, ini jawaban Allah, kok Allah jahat banget, ini kan bukan yang gue mau.” Setelah itu kita berhenti berdoa. Seolah-olah itu jawaban Allah. Padahal kalo kita sedikiiiit lagi sabar dan terus berdoa serta berkhusnudzon sama Allah, inshaAllah jawabannya sesuai dengan yang kita inginkan. Allah itu sesuai dengan prasangka hamba-Nya.



     Di samping lo melakukan keempat hal tersebut, menurut gue gak salah juga untuk berproses. Jangan menutup diri!



     Hahahahaha semua ini hanya teori. You know that I’m still zomblo now. Yaa setidaknya gue sudah mengetahui apa yang harus gue lakukan ketika hal ini terjadi lagi dalam kehidupan gue.


Bandung, 28 Oktober 2017
-White Rose-

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah