Rumah dan Tangga

Menurut KBBI, ru.mah., merupakan bangunan untuk tempat tinggal. 

Tang.ga., merupakan sesuatu yang bertingkat-tingkat; alat belajar dan sebagainya yang kesukarannya berjenjang meningkat; tingkatan.

Sedangkan ru.mah tang.ga artinya yang berkenaan dengan urusan kehidupan dalam rumah; berkenaan dengan keluarga.



Namun, jika melihat foto di atas, dapat diartikan menjadi rumah yang memiliki tangga.


Dalam kehidupan, setiap kalimat yang terucap atau setiap peristiwa yang terjadi. Pasti memiliki penafsiran tersendiri. Tergantung dari sudut mana mata kita memandangnya. Tergantung dari perspektif mana kita berusaha memahaminya. Apakah sisi positif? Ataukah sisi negatif?


Terkadang, kita harus melalui hasil negatif dulu, baru mendapatkan hasil positif. Dalam proses mendapatkan model kerja, contohnya. Harus mencetak dengan alginat terlebih dahulu. Untuk mendapatkan cetakan negatif. Baru kemudian di cor dengan gips. Lalu didapatlah model kerja sebagai cetakan positif. Atau dalam mencetak photo dari kamera analog. Bukankah harus melewatkan proses pencucian film terlebih dahulu, baru mendapatkan hasil cetakan photo yang bagus?


Semua hal membutuhkan proses. Berumah tangga butuh proses. Memasuki rumah bertangga juga butuh proses. Mendapatkan model kerja butuh proses. Mendapatkan cetakan photo juga butuh proses. Setiap tahapan dalam hidup kita pasti berproses. Bertumbuh.


Semoga setiap proses dalam kehidupan ini, selalu bermakna positif, baik bagi diri sendiri, maupun orang lain.


Ditulis di Puruk Cahu, 14/6/23    

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah