Berkenalan dengan Gingivitis

Gingivitis diambil dari dua kata, gingiva dan itis. Gingiva atau gusi, merupakan jaringan lunak yang terdapat dalam rongga mulut manusia. Sedangkan itis, merupakan suatu peradangan. Jadi, gingivitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada gingiva atau gusi di dalam rongga mulut manusia. Penyakit ini sering disebut dengan radang gusi.


Sebenarnya, bagaimana ciri-ciri gusi yang sehat? Apa bedanya gusi sehat dan gusi yang radang?

Gusi yang sehat itu berwarna merah muda, kenyal, dan tidak mudah berdarah ketika kena sentuhan atau tekanan. Sedangkan gusi yang sedang radang, berwarna merah gelap atau pekat, terlihat bengkak, dan mudah sekali berdarah saat kena sentuhan atau tekanan ringan.


Ada berapa jenis radang gusi atau gingivitis?

Gingivitis yang paling sering ditemukan dua jenis. Gingivitis akut dan gingivitis kronis. Gingivitis akut terjadi tiba-tiba dan durasinya pendek, sedangkan gingivitis kronis merupakan hasil penumpukan dari gingivitis akut, terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Satu jenis gingivitis yang hanya terjadi pada wanita hamil, yaitu gingivitis kehamilan atau gingivitis pregnancy. Radang gusi ini mulai dirasakan pada trimester pertama, bulan kedua dan ketiga.


Dok, kenapa ya bisa terjadi radang gusi?

Setiap manusia pasti makan. Sisa-sisa makanan itu bercampur dengan air liur, akan menjadi plak. Plak ini harus dibersihkan dengan cara sikat gigi dengan teknik yang benar. Plak yang tidak bersihkan selama 72 jam, maka akan mengeras, permukaannya menjadi kasar, sehingga bakteri jadi nyaman bersarang di sana dan terbentuklah karang gigi. Karang gigi akan menekan gusi, lalu gusi akan meradang karena terus menerus tertekan.


Lalu, apa yang harus dilakukan jika terjadi radang gusi, Dok?

Tunggu besok ya!

Muara Maruwei 1, 16 September 2024

-Nis

#30DWC #30DWCJilid47 #Day6

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah