Cabut Gigi pada Pasien Periodontitis, Apakah Perlu?

Pada dua judul tulisan, yang saya tuliskan beberapa hari lalu, saya membahas mengenai penyakit pada rongga mulut, yaitu gingivitis dan periodontitis. Gingivitis merupakan penyakit radang gusi yang disebabkan oleh karang gigi. Periodontitis merupakan terjadinya kegoyangan pada gigi karena terjadinya penurunan tulang alveolar atau tulang penyangga gigi. Periodontitis merupakan lanjutan dari perjalanan penyakit gingivitis yang tidak disembuhkan. Kegoyangan pada gigi yang terjadi terdiri dari tiga derajat keparahan.


Apa saja tiga derajat kegoyangan gigi, Dok?

Derajat satu yaitu ketika kegoyangan gigi sedikit lebih besar dari normal. Derajat dua yaitu ketika kegoyangan gigi sekitar 1 mm anterior (depan) dan posterior (belakang). Derajat tiga, yang paling parah, yaitu kegoyangan lebih dari 1 mm ke segala arah dan/atau gigi dapat ditekan ke arah apikal (akar).


Dok, apa saja pilihan pengobatan untuk penyakit periodontitis? Apakah harus dilakukan pencabutan gigi, Dok?

Terdapat dua pilihan pengobatan yang dapat dilakukan pada pasien dengan penyakit periodontitis. Pilihan utamanya, tentu saja mempertahankan gigi. Oleh karena itu dilakukan splinting. Splinting adalah mengikat gigi-gigi yang goyang pada dua gigi di sebelah kanan dan/atau kiri, dengan tujuan menguatkan gigi yang goyang. Pilihan kedua, yaitu mencabut gigi.


Dok, mengapa gigi goyang harus dipertahankan?

Gigi merupakan bagian tubuh manusia. Allah menitipkan kepada manusia secara gratis. Tugas kita sebagai individu harus menjaga titipan Allah dengan baik, dengan tidak merusaknya. Ketika gigi yang telah Allah berikan rusak, apakah manusia mampu untuk menggantikannya dengan sama persis? Tentu saja tidak.


Dok, dengan menggunakan apa mengikat gigi atau splinting?

Splinting dapat dilakukan dengan menggunakan dua bahan, yaitu kawat dan komposit. Pada intinya, harus terdapat dua gigi yang menjadi sandaran bagi kawat atau komposit. Syarat gigi sandaran tidak boleh ada keluhan, seperti berlubang, sisa akar, atau terdapat goyang.


Apakah kawat atau komposit akan menempel terus pada gigi, Dok?

Nantikan pada tulisan selanjutnya!

Puruk Cahu, 20 September 2024

-Nis

#30DWC #30DWCJilid47 #Day11

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah