Anak Takut ke Dokter Gigi?

Dok, pada usia berapa, pertama kali gigi anak akan berganti?

Pada usia 5 sampai 7 tahun, terjadi masa transisi pada gigi anak. Dimana gigi dewasa telah tumbuh di bawah gusi, dan menekan gigi susu di atasnya, sehingga akar gigi susu akan mengalami keropos sedikit demi sedikit. Gigi susu akan menjadi goyang. Saat gigi susu anak goyang, maka gigi susu harus dicabut dengan segera.


Apakah yang akan terjadi jika gigi susu tidak dicabut dengan segera?

Ada kemungkinan terjadinya maloklusi. Maloklusi menurut KBBI, kelainan susunan gigi geligi rahang atas dan bawah yang berhubungan dengan bentuk rongga mulut serta fungsi. Bahasa singkatnya, gigi menjadi tidak rapi.


Mengapa banyak anak-anak yang takut ke dokter gigi, Dok?

Manusia yang dikategorikan sebagai anak-anak adalah manusia yang berusia 0 sampai 10 tahun. Pada usia tersebut, anak belajar banyak hal baru. KIta sebagai orang dewasa, ketika melakukan hal baru untuk pertama kali, pasti akan merasa begitu takut saat akan menghadapinya. Begitu juga anak-anak saat mereka ke dokter gigi.


Dok, apakah yang sebaiknya dilakukan orang tua supaya anak mau ke dokter gigi?

Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban kita untuk mengedukasi anak mengenai hal baru, seperti cabut gigi. Sebaiknya, dari jauh hari sebelum masa transisi gigi anak, anak sudah diberitahu bahwa akan ada saatnya bahwa gigi mereka saat ini, akan berganti menjadi gigi dewasa. Pada masa transisi, gigi susu mereka akan goyang serta lepas. Lalu akan muncul gigi baru. Cara untuk melepas gigi susu, yaitu dengan pergi ke dokter gigi. Hal ini wajib diketahui oleh anak. Orang tua yang harus menjelaskannya kepada anak.  


Selain itu, orang tua harus menjadi contoh bagi anak. Sebaiknya, orang tua yang pergi ke dokter gigi terlebih dahulu. Orang tua dapat melakukan perawatan rutin, seperti pembersihan karang gigi, atau penambalan pada gigi yang berlubang. Saat itulah, orang tua sebaiknya mengajak anak untuk perkenalan awal dengan dokter gigi. Sebelum anak siap untuk duduk di kursi gigi sendiri.


Puruk Cahu, 21 September 2024

-Nis

#30DWC#30DWCJilid47 #Day11

Comments

Popular posts from this blog

Hiduplah karena Ingin Hidup

Sepatu Favorit

Ini tentang Iman kepada Allah